Industri video game lokal memang terus berkembang seiring waktu. Beberapa di antaranya telah merasakan kesuksesan dari game-game yang mereka buat. Seperti developer lokal asal Bandung, Own Games yang sukses dengan game Tahu Bulat dan juga Clackers Master: Latto-Latto.
Own Games sendiri merupakan salah satu dari empat tim asal Indonesia yang berhasil mengikuti Indie Games Accelerator (IGA) 2024. IGA merupakan program milik Google Play yang akan melakukan inkubasi terhadap game-game mobile terbaik.
Dua game ciptaan Own Games yaitu Clackers Master: Latto-Latto yang terinspirasi dari permainan anak-anak yang kembali viral beberapa waktu lalu, telah berhasil diunduh sebanyak lebih dari 5 juta kali di Google Play. Selain itu, game ikonik mereka, yaitu Tahu Bulat telah diunduh hingga lebih dari 10 juta kali.
Eldwin, CEO Own Games mengatakan timnya melihat potensi yang besar untuk menyajikan kedua kearifan lokal tersebut dalam versi digital. “Kami melihat latto-latto dan Tahu Bulat adalah dua hal yang dekat dengan masyarakat Indonesia, ini yang menjadi inspirasi kami dalam menciptakan game yang familiar dengan keseharian kita,” jelasnya.
Marcus Foon, Global Program Manager, Indie Games Accelerator & Community mengatakan bahwa faktor yang paling penting untuk menarik perhatian para gamer sebenarnya adalah menciptakan pengalaman yang berkesan juga inspiratif saat memainkan game.
Marcus menyebut bahwa developer game Indonesia sangat kreatif, sehingga penting untuk terus mengeksplorasi spektrum desain game yang lengkap. Karena tujuannya adalah menemukan apa yang selaras dengan audiens di Indonesia.
Target akhirnya tentu menciptakan game yang meninggalkan kesan yang mendalam untuk gamer secara global. Hal ini juga harus didukung dengan faktor lain seperti tingkat kesulitan, cerita yang menggugah, atau bahkan kesederhanaan dapat memainkan peran.
Maka dari itu, Marcus membagikan beberapa tips yang dapat diadopsi oleh para developer game mobile baik indie maupun yang sudah bekerja di perusahaan besar:
- Developer game perlu mempertimbangkan secara serius apa yang akan membuat game buatan mereka menonjol. Terutama untuk pasar yang ada saat ini, dan apa yang membuatnya berbeda. Sehingga game tersebut dapat tampil menonjol ketimbang game serupa.
- Jelajahi tema-tema unik, mekanisme yang inovatif, dan visual yang distingtif. Ada banyak aspek yang dapat digali untuk bisa mendapatkan ‘identitas unik’ untuk game yang tengah dibuat.
- Tentukan siapa target game ini ditujukan. Penting untuk memahami profil gamer secara tepat dan ideal lewat demografis, perilaku, dan aspek lainnya. Hal ini guna menentukan tingkat kesulitan, kompleksitas alur cerita, dan ciri khas game.
- Buatlah game yang benar-benar berkesan untuk dimainkan. Pastikan game memiliki mekanisme permainan yang memuaskan. Sebagai nilai tambah, buatlah permainan yang menyenangkan untuk diulang.
Dalam prakteknya, Own Games memastikan poin-poin di atas dengan melakukan survei dan play testing, baik secara internal maupun eksternal. Dari diskusi dengan para mentor IGA dan para ahli industri, Own Games kembali ke nilai utama yaitu membuat game yang semenyenangkan mungkin.